Kemenag Paser

FGD BMN, Paser Mendapatkan Apresiasi dari Karo Keuangan dan BMN Kemenag RI

Penyusunan RKBMN Tahun 2025 Bimas Islam di Kota Bontang.
Penyusunan RKBMN Tahun 2025 Bimas Islam di Kota Bontang.

Paser (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Bimbingan Masyarakat Islam, mengadakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Barang Milik Negara di Hotel Tiara Surya Kota Bontang.

Rangkaian kegiatan FGD dilaksanakan mulai dari 2 – 4 Agustus 2023 yang mengagendakan penyusunan RKBMN (Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara) Tahun 2025 pada satuan kerja unit eselon Bimas Islam di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kaltim.

Pada kegiatan tersebut, Perencana Ahli Muda Dyah Marthaning Tyas, S.E. dan Staf mendapatkan undangan untuk hadir bersama 9 Kantor Kemenag Kab./Kota se-Prov. Kaltim. Selain itu peserta yang hadir berasal dari utusan Kanwil Kemenag Prov. Kaltim, KPKNL Samarinda dan Bontang. Selain itu dari Kemenag Pusat hadir Subdit MSI dan Subbag Umum Bimas Islam sebagai pendamping kegiatan.

Diacara pembukaan pada hari Rabu (02/08), Narasumber Kepala Biro Keuangan dan BMN Sekretariat Jenderal Kemenag RI Drs. H. Subarja, M.Pd. menyampaikan arahan kepada semua peserta untuk terus konsisten mempertahankan kinerjanya.

“Agar para Operator BMN lebih semangat, karena kalianlah yang sebenarnya ujung tombak dalam pencapaian WTP selama 7 kali berturut-turut sejak 2016, bukan kami (di pusat),” ujarnya.

“Perbaikan pengelolaan bukan hanya di Ditjen Bimas Islam tapi juga di Ditjen yang lain seperti Setjen, Pendis dan lain-lain,” lanjut beliau.

Selain itu H. Subarja memberikan pesan mengenai komunikasi dan sinergitas antar operator BMN, keuangan dan perencanaan.

“Pimpinan satker agar memperhatikan juga kualitas pengelolaan BMN bukan hanya pada penyerapan anggaran,” katanya.

“Operator BMN harus sering bersinergi juga dengan Operator Pelaporan Keuangan dan Perencanaan agar terjalin sinkronisasi data,” pesan H. Subarja.

Dalam rangkaian acara tersebut, ada hal tak terduga dari Karo Keuangan dan BMN dengan memberikan apresiasi kepada Kantor Kemenag Kab. Paser atas capaian serapan anggaran terbaik. (agy)