Kemenag Paser

APRI Cabang Paser Gelar Raker 2022, Kakan Kemenag Beri Arahan

Paser (Humas) – Bertempat di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Long Kali. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser, Maslekhan menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kabupaten Paser, Senin (7/2).

Dalam pelaksanaannya, Ketua APRI Cabang Paser, Yasser Arafat terlebih dahulu melaporkan bahwa rapat kerja yang dilaksanakan tersebut guna mengkoordinasikan sekaligus menyempurnakan recana program kerja penghulu Tahun 2022.

“Rencana kerja yang akan disusun nanti, kita berharapa dapat disempurnakan pada hari ini. Target kita itu semua yang kita penuhi dan penghulu dapat menyempurnakan laporan rencana program kerjanya pada hari ini,” ucap Kepala KUA Kecamatan Kuaro tersebut.

Pada dasarnya, penyusunan program kerja Tahun 2022 ini telah dilaksanakan pada 5 Januari 2022 yang lalu. Namun karena banyaknya agenda pernikahan dan kepenghuluan pada bulan Januari yang lalu, maka koordinasi ditunda meskipun dalam penyusunan program kerja telah dirampungkan oleh masing-masing penghulu.

Sementara itu, Kakan Kemenag Paser dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai seorang ASN yang memiliki tugas pokok harus mengikuti aturan-aturan yang dicanangkan oleh Pemerintah. Apakah dalam perannya sebagai ASN, Kepala Kantor atau Penghulu di lingkungan Kementerian Agama.

“Sebagai seorang penghulu, memang sebagai tugas pokok dari bapak-bapak. Kemudian ada yang mendapatkan tugas tambahan sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA). Nah, dalam tugas pokok ini tentu sebagai seorang ASN atau Pegawai tentu mempunyai aturan, maka mari kita ikuti aturan-aturan yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” tutur H. Maslekhan.

Beliau juga menyampaikan bahwa Menteri Agama RI memiliki tujuh program pokok dan unggulan yang salah satu diantaranya terkait dengan Refitalisasi KUA. Dalam refitalisasi KUA ini ada tujuan yang ingin dicapai seperti peningkatan Kualitas Beragama hingga Moderasi Beragama guna mencegah terjadinya perbedaan pada masyarakat.

Dalam raker APRI Cabang Paser tersebut, hadir 16 penghulu se-Kabupaten Paser dan 10 diantaranya juga menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan. Selain itu hadir pula Kasi Bimas Islam berserta stafnya guna menyempurnakan Rapat Kerja Tahun 2022 tersebut. (bas)

Tim Humas Kemenag Paser

Tim Humas Kemenag Paser

ZONA INTEGRITAS

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Menuju WBK & WBBM