Kemenag Paser

Kakan Kemenag Paser Serahkan Izin Operasional 3 Pondok Pesantren

Paser (Humas) – Maraknya pendirian lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang tidak memiliki izin operasional sesuai dengan ketentuan ditengah masyarakat. Menjadi alasan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesentren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser memperketat izin operasional Pendirian Pondok dan Rumah Tahfidz di wilayah Kabupaten Paser.

Pada Senin (17/1), Kepala Kantor Kemenag Paser, Maslekhan menyerahkan secara simbolis izin operasional kepada tiga pondok pesantren sekaligus. Penyerahan tersebut dilaksanakan bertempat diruang kerjanya didampingi Kasi PD Pontren, M. Syahrul.

Melalui sambutannya, Kakan Kemenag Paser menyampaikan harapan agar kiranya pihak Pondok Pesantren yang telah berdiri dapat menjadi lembaga Pendidikan yang benar-benar profesional dalam melaksanakan kurikulum pendidikan sesuai dengan harapan pemerintah.

“Kami berharap dengan adanya Pondok Pesantren ini dapat benar-benar mendukung setiap proses pembelajaran yang diinginkan masyarakat dan pemerintah,” tuturnya.

Beliau juga berharap sesuai dengan metode pendidikan Al-Qur’an, agar setiap pendidik dapat bersambung sanad keilmuannya sehingga memastikan peserta didik dapat menerima dan memahami ilmu yang sesuai dengan tuntunan agama.

“Saya berharap nantinya, para ustadz atau ustadzah yang mengajar dapat menyampaikan sanad keilmuannya. Sehingga para santri dalam keilmuannya juga sampai kepada Rasulullah SAW, dan nama-nama pengajar juga akan tersebutkan” tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan lain M. Syahrul selaku Kasi PD Pontren juga menyampaikan terkait dengan teknis perizinan pada Kantor Kemenag Paser. Bahwa setelah dinyatakan terdaftar, Pondok Pesantren atau Rumah Tahfidz harus melengkapi berbagai data lembaga pendidikan melalui link yang diberikan oleh Seksi PD Pontren.

“Kami berharap kepada Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz yang pada hari ini telah menerima izin nantinya dapat melengkapi permohonan kelengkapan data EMIS sesuai petunjuk yang telah kami berikan,” ucap Syahrul.

Adapun tiga Pondok Pesantren yang menerima izin operasional tersebu diantaranya Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Rahmatul Ummah Asuhan Ustadz Abdul Shomad Al-Hafidz, Pondok Pesantren Putri An-Najm asuhan Ustadz Jalal dan Rumah Tahfidz Umar Bin Khattab pimpinan M. Yamin Syam. (bas)

Tim Humas Kemenag Paser

Tim Humas Kemenag Paser

ZONA INTEGRITAS

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Menuju WBK & WBBM