Kemenag Paser

Berkah: Kemenag Paser Terima Hibah Dari PEMDA Pada HAB Kemenag Ke-76

Paser (Humas) – Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI Ke-76 Tahun 2022, digelar di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser, pada Senin (3/1).

Setelah dua tahun sebelumnya upacara diselenggarakan dalam ruangan karena keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Akhirnya pada tahun ini Kantor Kemenag Paser kembali menggelar kegiatan dihalaman terbuka meskipun tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

Meskipun undangan terbatas, tampak hadir selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf. Hadir pula para pejabat pemerintahan mulai dari Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, perwakilan Polres Paser, Dandim 0904 Paser, Kepala BPN, Kepala BPKAD dan pejabat lainnya.

Pada rangkaian upacara tersebut, Wakil Bupati Paser membacakan teks naskah sambutan Menteri Agama RI dalam isi amanatnya. Pesan Menteri Agama dalam pidatonya kurang lebih berisi tentang prestasi pelayanan yang diterapkan di Kementerian Agama pada tahun 2021.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dalam jalurnya,” baca Masitah dalam Naskah Pidato Menteri Agama.

Melalui Upacara HAB Kemenag Ke-76 Tahun 2022 ini juga diserahkan Hibah Lahan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah terhadap Kementerian Agama. Lahan tersebut diantaranya akan dibangun Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu serta Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji (KUA).

Kepala Kantor Kemenag Paser, Maslekhan yang menerima langsung bantuan berupa Hibah Lahan tersebut ditandai dengan ditanda tanganinya Berita Acara Hibah yang disaksikan oleh Wakil Bupati Paser dan Sekretaris Daerah Kabupaten Paser.

Kepala Kantor Kemenag Paser berharap dengan di berikannya lahan oleh Pemerintah Daerah ini dapat mendukung penuh seluruh proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa peran Kementerian Agama adalah memberikan pelayanan kepada seluruh agama yang ada di lingkungan masyarakatnya.

“Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan lahan kepada Kementerian Agama. Tentu kami berharap ini dapat mendukung peningkatan proses pelayanan sebagaimana tema HAB Kemenag tahun ini yakni “Transformasi Layanan Umat”. Terlebih lagi layanan yang diberikan bukan hanya kepada satu agama, melainkan seluruh agama yang ada di Kabupaten Paser khususnya,” jelasnya.

Selain penandatanganan Berita Acara Hibah Wakaf Lahan, dilaksanakan pula penandatanganan kerjasama pensertifikatan Tanah Wakaf di wilayah Kabupaten Paser. Meskipun belum terdapat total pensertifikat yang disebutkan dalam perjanjian tersebut, namun proses kerjasama dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada pegawai yang telah mengabdi di lingkungan Kementerian Agama dengan kategori 10, 20 dan 30 Tahun masa kerja. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Paser kepada tiga ASN Kementerian Agama mewakili 24 ASN yang berhak menerima Satyalencana Karya Satya.

Pada akhir rangkaian kegiatan, Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf tidak lupa mengucapkan selamat Hari Amal Bhakti Kementerian Agama dihadapan Kepala Kantor Kemenag Paser. “Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Kementerian Agama. Selamat Hari Amal Bhakti Ke-76, semoga “Transformasi Layanan Umat” dapat bersama-sama diwujudkan,” ucapnya. (bas)

Tim Humas Kemenag Paser

Tim Humas Kemenag Paser

ZONA INTEGRITAS

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Menuju WBK & WBBM