Kemenag Paser

KUA Batu Sopang: Kemenag Gandeng BPN Kembali Survei Lahan

Warga Kecamatan Batu Sopang akan segera mendapatkan pelayanan baru dengan dibangunnya Balai Nikah dan Gedung Manasik Haji seiring dengan intensitas koordinasi antara Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser.

Setelah mengunjungi lokasi lahan bersama BPKAD Kabupaten Paser pada hari Selasa (21/12/2021) kemarin. Kantor Kemenag Kab. Paser yang diwakili Abdurrahman, kembali mengadakan survey pengukuran bersama Dinas Petanahan Kabupaten Paser, Kamis (23/12).

Menurut Abdurrahman, survey kali ini dilakukan guna memastikan titik-titik kordinat untuk mengetahui jumlah dan ukuran lokasi lahan sesuai dengan batas letak yang ada. Terlebih lagi pengukuran yang dilakukan ini berdasarkan perhitungan menggunakan aplikasi yang hanya dimiliki Badan Pertanahan Nasional.

“Alhamdulillah, hari ini kita kembali menuju lokasi lahan rencana pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Batu Sopang. Meskipun beberapa hari kemarin sudah dilakukan survei bersama BPKAD, hari ini agendanya mengukur kembali titik-titik batas yang ditentukan namun kali ini bersama Badan Pertanahan Nasional. Tentu agar lebih akurat untuk proses selanjutnya melalui aplikasi yang dimiliki BPN,” jelasnya.

Abdurrahman juga berharap semua proses dapat berjalan dengan lancar dan dapat segera diproses untuk pensertifikatan lahan tersebut. Hal ini mengingat proses pembangunan yang telah direncanakan akan dikerjakan pada awal Tahun 2022.

Pihak BPN yang turut ikut serta dalam kunjungan tersebut menerangkan bahwa pengukuran yang dilakukan ini nantinya akan segera diproses agar dapat dikeluarkan berita acara pengukurannya sebelum diserahkan kepada Kantor Kemenag Paser. Apabila dokumen dan persyaratannya telah dinyatakan lengkap, maka proses pensertifikatan juga akan segera dirampungkan.

Menanggapi hal itu Kepala KUA Kecamatan Batu Sopang, M. Jarkasi mengungkapkan akan mendukung penuh setiap proses yang dilaksanakan Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah. Hal itu diungkapnya ketika ikut menemani Tim Kantor Kemenag Paser dan Pihak BPN mengukur lokasi lahan.

“Kami di Kecamatan pasti berterima kasih, dan kami mendukung penuh semua proses yang sedang berjalan. Hal ini dilakukan juga untuk memudahkan proses layanan yang ada di Kecamatan batu Sopang, terutama urusan keagamaan,” ucap Kepala KUA yang biasa dipanggil MJ tersebut.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser berupaya semaksimal mungkin untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terlebih lagi bangunan KUA yang ada saat ini, lokasi lahannya terbilang sangat kecil sehingga sering kali menyulitkan pada Pendaftar Nikah atau mengurus persoalan keagamaan lainnya.

Tim Humas Kemenag Paser

Tim Humas Kemenag Paser

ZONA INTEGRITAS

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Menuju WBK & WBBM